Ok guys, setelah menemukan alasan kenapa mendaki gunung, pastinya kamu dengan segera ingin melakukan pendakian. Namun, kegiatan mendaki gunung merupakan aktivitas yang penuh dengan risiko. Bila berbicara tentang risiko dalam sebuah pendakian, maka tidak bisa dilepaskan dari unsur keamanan dan keselamatan. Tidak jarang kasus-kasus kecelakaan yang terjadi disebabkan oleh kelengahan dan ketidaksadaran pegiatnya akan risiko yang akan dihadapi, sehingga mereka tidak melakukan persiapan dengan maksimal.

kemampuan dasar pendaki gunung 1
Kurangnya pengetahuan maupun ketrampilan pegiatnya juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakan dalam pendakian. Maka, pengetahuan pegiatnya akan aturan dan langkah-langkah dalam mendaki gunung sangatlah diperlukan, baik pada persiapan sebelum mendaki maupun pada saat melakukan pendakian.Sebelum melakukan pendakian, paling tidak kamu harus memastikan bahwa kamu mempunyai empat kemampuan dasar pendaki gunung berikut ini.

Kemampuan teknis
Kemampuan teknis merupakan kemampuan yang berhubungan dengan keseimbangan gerakan serta efisiensi dalam menggunakan perlengkapan.

Kemampuan fisik
Kemampuan fisik mencakup kebugaran jasmani yang dibutuhkan untuk kegiatan tertentu (dalam hal ini mendaki gunung tentunya), kesehatan dan kemampuan pengkondisian tubuh terhadap lingkungan alam. Kemampuan fisik merupakan kemampuan dasar perjalanan yang sangat perlu diperhatikan. Tanpa dukungan kekuatan fisik, keberhasilan dalam melakukan perjalanan sangat sulit untuk dicapai.

kemampuan dasar pendaki gunung 2

Kemampuan kemanusiawian
Poin ini memberikan penekanan pada cara pegembangan sikap positif ke segala aspek untuk meningkatkan kemampuan. Cakupan kemampuan ini meliputi keinginan, percaya diri, kesabaran, konsentrasi, analisa diri, serta kemampuan untuk memimpin dan dipimpin.

Kemampuan pemahaman lingkungan
Kemampuan pemahaman lingkungan merupakan pengembangan kewaspadaan terhadap bahaya lingkungan sekitar. Sebelum melakukan perjalanan, hendaknya mengetahui kondisi lingkungan yang akan dilalui sebagai tindakan preventif terhadap bahaya yang akan ditemui, terlebih dengan lingkungan yang baru dan asing bagi kita.

Sudah yakin kamu mempunyai empat kemampuan dasar tersebut? Yuk, merencanakan pendakian gunung lebih lanjut.