Pendaki cantik harus pandai-pandai menyiasati barang bawaan ketika akan mendaki gunung agar kebutuhan selama pendakian tercukupi tanpa menambah beban sendiri (dan beban teman pendakian khususnya pria pendaki) dengan barang-barang yang kurang penting. Pendaki cantik tetap saja cewek yang mempunyai kebutuhan yang lebih rumit dibandingkan dengan cowok. Nah, ini dia peralatan mendaki gunung praktis yang sebaiknya dibawa oleh pendaki cantik ketika melakukan perjalanan pendakian selain peralatan dasar pendakian.

peralatan mendaki gunung praktis untuk pendaki cantik

Sarung
Sarung biasanya menjadi peralatan mendaki gunung yang kerap dibawa oleh pria pendaki. Namun, pendaki cantik sebaiknya menyelipkan sarung ke dalam tas punggung karena diam-diam sarung bisa merangkum beragam fungsi ketika berada di tengah liarnya gunung.
• Sarung sangat berguna jika cuaca di gunung sedang sangat dingin. Sarung bisa kamu gunakan untuk menambah lapisan selimut selain sleeping bag. Sarung juga bisa kamu gunakan untuk menutup leher seperti syal atau menutup kepala sehingga tubuh kamu terasa lebih hangat.
• Sarung juga berguna sebagai penutup ketika kamu buang air. Tidak sama dengan pendaki pria, pendaki cantik seringkali menemukan masalah ketika akan buang air apalagi jika tidak ada semak-semak rimbun yang mampu menutupi tubuh ketika buang air. Nah, kamu tinggal mengenakan sarung sebelum buang air atau meminta bantuan teman pendaki lain untuk menutupimu dengan sarung tersebut.
• Pendaki cantik juga bisa memanfaatkan sarung sebagai pakaian ganti. Kamu tak perlu membawa terlalu banyak pakaian ganti karena selama di perkemahan misalnya kamu bisa mengganti celana (atau rok apalagi yang terlanjur basah) dengan sarung.
• Sarung merupakan senjata praktis bagi pendaki cantik yang terpaksa ganti pakaian di dalam tenda yang dibagi bersama pria pendaki. Pendaki cantik cukup berganti pakaian di dalam selubung sarung tanpa harus khawatir bagian tubuhnya tidak sengaja terlihat oleh teman pendaki.

peralatan mendaki gunung praktis untuk pendaki cantik 2

Tisu Basah
Pendaki cantik sebaiknya jangan sampai lupa untuk membawa tisu basah ketika mendaki gunung. Meskipun terdengar sepele, tisu basah mempunyai banyak kegunaan bagi pendaki pada umumnya apalagi untuk pendaki cantik.
• Pendaki cantik bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan tubuh yang kotor terkena debu selama perjalanan pendakian. Tisu basah bisa kamu gunakan untuk menyeka debu dari wajah, sekedar membersihkan lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak, dan bahkan kaki atau tangan yang kotor. Tisu basah menjadi alternatif untuk bersih-bersih ketika sumber air sulit ditemukan di gunung.
• Tisu basah jelas sangat berguna untuk membersihkan organ intim setelah buang air. Pendaki cantik tidak boleh sembrono memboroskan air hanya untuk keperluan buang air karena tisu basah bisa menjadi senjata ampuh untuk menjaga kebersihan organ intim setelah buang air.
• Tisu basah juga sangat berguna untuk membersihkan noda dari pakaian ketika mencuci pakaian bukan merupakan pilihan dalam perjalanan pendakian. Ada kalanya pendaki cantik naik gunung ketika datang bulan dan mungkin darah menstruasi menodai celana kamu. Kamu tidak perlu panik karena kamu cukup membersihkan noda darah tersebut dengan menggunakan tisu basah. Noda darah akan terserap oleh tisu basah dan hanya meninggalkan noda basah yang akan kering dalam sekejap.
• BIG NO. Jangan gunakan tisu basah untuk membersihkan peralatan makan atau memasak jika kamu tidak ingin menikmati makanan dengan wangi tisu basah.

peralatan mendaki gunung praktis untuk pendaki cantik 3

Pembalut Wanita
Pembalut wanita memang menjadi perlengkapan yang wajib ada di dalam tas pendaki cantik ketika mendaki gunung terutama jika pendaki cantik mendaki ketika menstruasi. Namun, rupanya pembalut wanita juga bisa digunakan untuk keperluan lain.
• Jika kamu mengenakan sepatu dengan ujung yang keras dan terasa kurang nyaman ketika perjalanan turun, kamu bisa menyumpalnya dengan pembalut wanita sehingga kaki kamu akan merasa lebih nyaman.
• Pembalut wanita juga bisa digunakan untuk melapisi tali bahu yang terasa kurang nyaman di bahu karena terlalu tipis atau sempit.

peralatan mendaki gunung praktis untuk pendaki cantik 4

Kantong Plastik Hitam dan Plastik Bening
Tidak ada salahnya menyelipkan kantong plastik hitam dan plastik bening dalam tas pendakian kamu, pendaki cantik. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat.
• Kantong plastik hitam bisa kamu gunakan untuk melindungi barang bawaan kamu agar tidak basah dan sekaligus mengorganisir barang bawaan kamu.
• Kantong plastik hitam bisa kamu gunakan untuk menyimpan pakaian yang terlanjur basah agar tidak membasahi barang bawaan kamu yang lain.
• Kantong plastik hitam juga bisa digunakan untuk membawa sampah yang kamu produksi selama berada di gunung.
• Plastik bening bisa kamu gunakan untuk membungkus makanan. Selain itu, plastik bening juga bisa kamu gunakan untuk membungkus tangan kamu saat akan makan menggunakan tangan. Dengan demikian, kamu bisa menghemat air dan tisu untuk bersih-bersih peralatan makan dan tangan.