Jadi pendaki cantik setuju bahwa memakai kosmetik hanya perlu dilakukan ketika nge-mall saja? Tentu tidak. Kulit kamu justru harus menghadapi tantangan yang lebih berat ketika mendaki gunung. Paparan debu dan sinar matahari dengan intensitas tinggi bisa menyebabkan masalah pada kulit kamu seperti kulit terbakar, kulit mengelupas, dan bahkan jerawat. Kamu tentu tak perlu membawa peralatan kosmetik lengkap ketika mendaki gunung, tetapi paling tidak ada beberapa item penting yang wajib kamu selipkan dalam tas. Tak usah pedulikan pria pendaki yang mencibir kamu dengan bawaan peralatan genit yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit selama pendakian. Pria pendaki sebaiknya juga memakai peralatan genit tersebut jika tak ingin mengalami masalah kulit setelah turun gunung.

kosmetik wajib untuk pendaki cantik dan ganteng 1

Pelembab
Gunung identik dengan ketinggian sehingga paparan sinar matahari semakin jahat untuk kulit kamu. Pelembab merupakan item kosmetik wajib yang tidak boleh kamu tinggalkan selama pendakian. Kamu perlu mengaplikasikan pelembab pada wajah kamu sebelum melakukan perjalanan dan sebelum tidur agar kelembaban kulit kamu tetap terjaga. Pelembab bisa dioleskan dalam kondisi wajah bersih, ya. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit tentunya.

Tabir Surya
Tabir surya merupakan kosmetik yang wajib kamu pakai setiap kali melakukan kegiatan di luar ruangan. Tentu peralatan genit yang satu ini juga wajib kamu pakai ketika mendaki gunung. Banyak orang yang beranggapan bahwa tabir surya berguna untuk mencegah kulit menghitam ketika melakukan aktivitas di luar ruangan padahal fungsi utama tabir surya adalah sebagai filter sinar ultraviolet. Mungkin kulit kamu akan tetap menghitam setelah mengaplikasikan tabir surya sebelum melakukan pendakian, tapi tabir surya bermanfaat untuk mencegah kulit terbakar. Fungsi tabir surya yang lebih penting adalah untuk mencegah kanker kulit yang bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Jadi, jangan malas untuk mengaplikasikan tabir surya secara merata di permukaan kulit yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Semakin tinggi kadar SPF menunjukkan bahwa tabir surya tersebut semakin ampuh menangkal jahatnya sinar ultraviolet. Kamu juga bisa menemukan pelembab yang sudah dilengkapi dengan tabir surya jika ingin lebih praktis.

Lip Balm
Kulit wajah bukan satu-satunya area yang membutuhkan perhatian lebih selama pendakian karena kamu juga perlu memberikan perhatian lebih pada bibir kamu. Banyak pendaki yang harus mengalami pengelupasan bibir setelah pendakian. Dehidrasi menjadi penyebab utama pengelupasan bibir dan lip balm merupakan senjata utama yang wajib kamu bawa di setiap pendakian. Kamu boleh berusaha mendaki gunung dengan ketinggian yang beragam, tetapi lip balm wajib kamu masukkan dalam saku jaket atau celana kamu. Dengan demikian, kamu bisa mengaplikasikan lip balm setiap kali bibir mulai terasa kering selama pendakian. Sebaiknya kamu memilih lip balm yang sudah dilengkapi dengan SPF. Kamu juga bisa menggunakan lip balm dengan beragam warna yang mudah ditemukan di pasaran sehingga tampilan kamu pun lebih kece badai selama pendakian.
kosmetik wajib untuk pendaki cantik dan ganteng 2

Deodoran
Mendaki gunung boleh saja merupakan kegiatan yang membuat tubuh kamu berkeringat, tetapi bukan berarti kamu bisa membiarkan tubuh kamu berbau tidak sedap akibat keringat berlebih. Tidak ada salahnya memasukkan deodoran dalam tas untuk mengontrol bau tubuh kamu sehingga kamu dan teman pendakian kamu bisa merasa lebih nyaman. Sebaiknya deodoran diaplikasikan dalam kondisi ketiak kering, ya.

Bedak Tabur
Apa? Bedak tabur? Bedak tabur disarankan untuk dibawa selama pendakian bukan agar kamu bisa mendaki dengan makeup menor ala tamu kondangan. Selama pendakian, tubuh kamu akan berkeringat tidak terkecuali kepala. Pendaki cantik apalagi pendaki hijabers tentu akan merasa tidak nyaman jika harus tidur dengan kondisi kepala dan rambut yang basah oleh keringat. Keramas jelas bukan opsi yang efisien dalam pendakian. Kamu cukup menaburkan sedikit bedak di rambut kamu. Bedak tabur berfungsi seperti dry shampoo yang berguna untuk menyerap keringat tersebut.

Losion
Perawatan wajah sudah. Perawatan rambut juga sudah. Kamu tidak boleh lupa pada perawatan kulit tubuh. Kulit tubuh kamu juga bisa mengalami kekeringan selama pendakian sehingga tidak ada salahnya membuatnya lebih lembab dengan mengoleskan losion secara merata.

Perlu kamu ketahui bahwa dehidrasi merupakan musuh utama pendakian tidak hanya dari segi kecantikan kulit melainkan juga kesehatan pada umumnya. Oleh karena itu, kamu tidak hanya perlu mencegah dehidrasi dari luar dengan mengaplikasikan peralatan genit tersebut. Kamu juga perlu mencegah dehidrasi dari dalam dengan minum cukup cairan. Selamat mendaki cantik!